Aki/Accu UPS

akiups1UPS sendiri memiliki arti kata “Uninterruptible Power Supply” yaitu sebuah alat yang memiliki fungsi sebagai penyimpan akan daya listrik sebagai cadangan semisal dalam penggunaan alat seperti komputer, data center, atau pada bagian alat lainya yang membutuhkan kebutuhan listrik secara terus-menerus. Aki UPS ini biasanya juga disebut sebagai baterry backup (Uninterruptible Power Supply).

Di dalam bagian pada UPS biasanya terdapat sebuah alat Rectifier dimana alat ini memiliki fungsi sebagai pencharger aki UPS yang memiliki besar disesuaikan dari type atau jenis UPS itu sendiri.

Pada UPS sendiri ini juga terdapat sebuah alat yang disebut sebagai inverter dimana memiliki fungsi sebagai pengubah arus aki UPS menjadi sebuah arus sereupa dengan listrik PLN. Untuk UPS nya sendiri juga terdapat aki/battery dimana berfungsi menyimpan sumber tegangan dan bisa digunakan apabila listrik dari PLN padam.

Berikut saya mencoba uraikan beberapa jenis akan UPS yang disesuaikan dengan cara kerjanya.

1. Line-interactive UPS

Jenis dari UPS ini terdapat sebuah alat tambahan yaitu AVR (automatic voltage regulator) dimana alat ini memiliki fungsi bisa mengatur akan besar kecilnya tegangan yang akan disuplaykan ke peralatan.

2. On-line UPS

Kemudian untuk UPS jenis yang ini memiliki akan 1 rectifier dan 1 inverter yang terpisah akan penempatanya. Untuk UPS jenis ini bisa dibandrol harga yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis UPS yang lainnya. Apabila mengalami sebuah gangguan, suplay daya yang menuju pada alat rectifier akan dihentikan/diblok, yang kemudian mengalirkan arus DC dari batrai menuju ke Inverter yang akan diubah menjadi arus AC.

3. Off-line UPS

Untuk jenis UPS ini merupakan salah satu yang dibandrol harga pasaran yang paling murah dari tipe yang lain. Ups ini dipasarkan dengan harga yang lebih murah karena rectifier serta inverter berada dalam satu unit. Pada saat mengalami gangguan, switch akan berubah secara otomatis sehingga daya dari penyuply utama akan mati atau terblok. Dengan demikian arus DC akan mengalir dari batrai menuju ke inverter

Setelah diketahui beberapa jenis dari UPS, berikut saya sedikit uraikan komponen apa sajakah yang ada pada alat UPS

1. Baterai / Aki

Jenia Baterai/aki yang pada umumnya digunakan pada alat UPS ini adalah jenis aki lead-acid atau bisa juga jenis nikel-cadmium. Aki ini bisa sebagai sumber tenaga cadangan yang mampu bertahan hingga waktu 30 menit.

2. Rectifier

Alat ini memiliki fungsi bisa mengubah arus AC menjadi DC yang berasal dari penyuplay arus listrik utama. Tentu hal ini bisa dijadikan sebuah manfaat untuk pengisian baterai/aki.

3. Inverter

Alat ini adalah sebuah alat kebalikan dari fungsi alat Rectifier. Fungsi Inverter ini adalah sebagai pengubah arus DC menjadi arus AC. Hal ini berjalan pada saat aki/baterai pada UPS digunakan untuk tegangan arus listrik pada komputer.

Kami adalah salah satu distributor penjualan aki UPS yang berlokasi di kota Surabaya. Kami akan siap membantu anda apabila membutuhkan konsultasi akan kebutuhan aki UPS yang anda butuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *