AKI/ACCU Solar Cell

Mengenal Aki Solar Cell Pembangkit Listrik Tenaga Surya

aki-solar-cell-kayaba aki-solar-cell-zanetta

Aki solar cell merupakan sebuah media atau alat yang digunakan sebagai penyimpan energi yang bisa diisi ulang dengan aliran DC dari panel surya. Disamping bisa menyimpan energi arus DC, aki ini juga bisa mengubah energi kimia menjadi sebuah energi listrik. Dari awal, aki ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu aki primer serta aki sekunder.

Salah satu contoh jenis aki primer adalah batrai ABC yang serig kita temui. Jenis batrai primer ini pada umumnya tidak bisa diisi ulang atau di carger ulang.

Kemudian untuk jenis aki sekunder, aki inilah yang bisa diisi ulang apabila sudah melemah energinya. Salah satu contoh aki jenis sekunder adalah aki yang biasa terpasang pada mobil/kendaraan.

Nah untuk digunakan dalam sistem pembangkit listrik tenaga surya ini, hanya jenis aki sekunderlah yang bisa untuk digunakan.

Tanpa adanya aki solar cell ini, penyupaian aliran arus listrik akan terhenti pada waktu malam hari atau bisa juga apabila matahari sedang tertutup oleh awan, cuaca mendung, Dsb.

Aki solar cell yang bisa digunakan adalah jenis aki deep-cycle yang sudag biasa dipakai pada sistem solar cell, dimana aki ini bisa bertahan lebih lama untuk pengisian atau penguluaran arus listrik yang tidak terputus.

Untuk aki yang biasa digunakan pada mobil, tidaklah cocok apabila digunakan sebagai sistem pembangkit listrik tenaga surya/matahari.

Mengenal jenis dan fungsi aki deep-cycle sebagai aki solar cell / Tenaga Surya

1. Aki deep-cycle jenis Marine

Untuk aki solar cell jenis ini biasanya dipakai untuk menjalankan aplikasi yang kecil serta sederhana. Biasanya yang menggunakan ini adalah kapal layar atau sebuah perkemahan. Aki jenis marine ini sama halnya dengan jenis aki mobil golf yang memakai aplikasi sederhana.

2. Aki deep-cycle jenis Lead Acid

Aki ini memiliki kepingan internal yang tebal serta banyak digunakan dalam kebutuhan industri berat. Untuk aki jenis ini beberapa yang sudah diminati dalam industri diantaranya adalah aki trojan, Surrette dan Deka.

Jenis lead acid bisa bertahan lama hingga jangka waktu bertahun-tahun. Sistem kerja proses pengisian arus di aki ini, berdampak menghasilkan / mengeluarkan gas, sehingga untuk kesehatan dan keselamatan, penempatannya harus diluar gedung serta pemasangannya haruslah ditangani oleh orang yang sudah ahli/menguasainya.

3. Aki deep-cycle Jenis Sealed Gel

Nah, untuk jenis aki yang ini bisa ditempatkan dalam ruangan atau didalam sebuah gedung. Saat proses pengisian berlangsung, aki tidak mengeluarkan atau menghasilkan gas sehingga aman untuk orang yang berada disekitarnya.

4. Aki deep-cycle Jenis Absorbed Glass Mat (AGM)

Untuk jenis aki ini merupakan salah satu aki yang anti kebocoran serta memiliki akan suplay tenaga yang sangat tinggi.

Aki jenis ini merupakan aki terbaik untuk bisa diterapkan dalam sebuah industri yang berat. Misalanya saja aki AGM ini bisa dipakai dalam sebuah pesawat terbang, sebuah rumah sakit, pabrik industri, DSB.

Segi kualitas energi dari aki AGM ini sangatlah baik serta bisa tahan lama.

 

Matahari memiliki akan energi yang sangat besar, dalam hal ini membuat solar cell menjadikan sebuah alternatif sebagai sebuah sumber energi di masa depan.

Aki solar cell merupakan sebuah sumber energi yang sangat praktis dikarenakan tidak membutuhkan sebuah transmisi serta bisa dipasang secara modular pada lokasi yang membutuhkannya.

Bisa diambil sebuah kesimpulan bahwa aki solar cell ini bisa mengubah energi sinar matahari menjadi sebuah energi listrik. Aki disini memiliki fungsi sebagai penyimpan energi arus listrik yang dihasilkan dari alat sollar cell.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *