Aki Motor

basah-motor-yuasa-1AKI/ACCU Motor:
Aki motor ialah komponen yang memberi aliran listrik untuk komponen lainnya dan terdapat pada setiap motor. Aki motor dibedakan 2 jenis, aki motor basah dan aki motor kering.

AKI/ACCU basah (conventional)
Aki basah adalah jenis aki yang paling sering digunakan. Ciri-ciri dari aki basah memiliki lubang dengan penutup yang berfungsi untuk menambah air aki saat kekurangan yang disebabkan penguapan saat terjadi reaksi kimia antara sel dan air aki.
Tetapi aki basah memiliki kelemahan seperti pemilik kendaraan dianjurkan untuk sering memeriksa ketinggian level air aki secara rutin. Selain itu, aki basah memiliki sifat self-discharge paling besar dibanding aki lain sehingga harus dilakukan penyetruman ulang saat ia didiamkan terlalu lama.

AKI/ACCU kering (maintenance free)
Aki kering mulai banyak disukai pengguna kendaraan, karena pengguna kendaraan tidak perlu memantau air aki, karena tidak ada air akinya, seperti aki basah. Selain itu, aki kering memiliki masa penggunaan yang lebih lama dibandingkan aki basah karena memiliki grid yang tahan korosi akan menghasilkan performa yang tinggi dan self discharge yang lebih rendah.
Kekurangan aki kering, jika aki kering sekali mati, langsung mati selamanya, karena tidak bisa disetrum.

aki-motor kering-motor-gs-1 kering-motor-yuasa

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *